Ini Dia 4 Tips Pilih Kartu Kredit yang Cocok Untukmu!

pilih kartu kredit

Kali ini, Billie ingin memberikan tips tentang bagaimana cara pilih kartu kredit. 

Kartu kredit saat ini sudah menjadi alat pembayaran yang lazim digunakan. Di Indonesia, terutama di kota-kota besar, kartu kredit menjadi salah satu alat pembayaran favorit. Tentu saja karena selain mudah digunakan, kartu kredit juga memiliki beragam keuntungan seperti cicilan dan hadiah menarik. Bagi kamu yang belum memiliki kartu kredit dan sedang mempertimbangkan untuk memilikinya. 

Nah ini dia tips nya!

Ketahui informasi dasar

Saat pilih kartu kredit, pastikan kamu mengetahui informasi dasar seperti prosedur pemakaian serta keuntungan dan kerugian jenis kartu kredit tersebut. Misalnya berapa limit kartu kredit yang ditawarkan serta bunga kartu kredit per tahun. Kamu juga perlu mengetahui biaya administrasi tahunan kartu kredit tersebut serta bagaimana proses pembayaran tagihan per bulannya.

Selain itu, perlu juga untuk mengetahui keuntungan kartu seperti program-program menarik apa yang sering diberikan oleh penerbit kartu kredit. Keuntungan kartu kredit juga termasuk kebebasan biaya tahunan, diskon, cash back, point reward, asuransi, yang ditawarkan oleh bank penerbit kartu kredit. Kamu juga harus mengetahui jangkauan jaringan kartu kredit, di negara mana saja kartu tersebut dapat digunakan. Hal ini dapat memudahkan kamu ketika berpergian ke luar negeri.

Baca juga: Ini Dia 6 Cara Menjaga Kartu Kredit Tetap Aman!

Buat tujuan kartu kredit

Memiliki kartu kredit harus memiliki tujuan pembuatannya juga. Jika kartu kredit tersebut merupakan kartu pertama yang kamu miliki. Biasanya tujuannya berupa keinginan berbelanja atau membeli barang tertentu untuk bisa dicicil. Bagi kamu yang gemar berbelanja, carilah kartu kredit yang memberikan banyak penawaran diskon. Ini biasanya merupakan hasil kerjasama bank penerbit kartu kredit tersebut dengan sejumlah penjual atau merchant. Bagi kamu yang suka traveling, kamu bisa mencari kartu kredit yang sering menawarkan sejumlah promo pembelian tiket pesawat atau hotel.

Untuk kamu yang ingin menambah jumlah kartu kreditmu, hal-hal lain seperti antisipasi kejadian tidak terduga bisa menjadi tujuan pembuatan kartu kredit. Usahakan agar setiap kartu kredit memiliki tujuannya masing-masing. Jangan buat setiap kartu kredit yang kamu miliki ditujukan untuk berbelanja saja.

Cari suku bunga rendah dan penawaran cicilan 0%

Salah satu faktor yang penting saat ingin memilih kartu kredit yang tepat adalah biaya yang dikenakan. Biaya tersebut seperti iuran tahunan, bunga, biaya administrasi, dan sebagainya. Kartu kredit dengan suku bunga yang lebih tinggi biasanya cocok bagi kamu yang memilih untuk menggunakan kartu kredit sebagai pengganti uang tunai dalam berbelanja dan segera melunasi tagihan kartu kredit kamu setiap bulan. Dengan begitu pengeluaran kamu setiap bulan bisa terlacak.

Jika kamu membutuhkan kartu kredit misalnya untuk belanja bulanan dan membayar berbagai tagihan bulanan seperti listrik, telepon, dan air yang nilainya relatif tetap dan pasti akan kamu bayar lunas setiap bulannya, maka kartu kredit ini cocok bagi kamu. Kartu kredit dengan suku bunga yang lebih rendah cocok bagi kamu yang sering membayar tagihan dengan mencicil atau membayar jumlah minimum.

Baca juga: Tips Singkat Melunasi Utang!

Pilih kartu kredit sesuai limit

Saat mengajukan aplikasi kartu kredit, biasanya kamu akan dihadapkan pada pilihan apakah ingin memiliki kartu kredit classic, gold, atau platinum. Masing-masing jenis kartu mempunyai kelebihan dan kekurangannya.

Kartu kredit gold dan platinum merupakan kartu kredit premium yang menawarkan limit atau pagu kredit yang tinggi dan berbagai manfaat eksklusif tambahan seperti airport lounge, garansi produk dengan masa yang lebih panjang, dan asuransi kecelakaan saat melakukan perjalanan. Tentunya segala fasilitas tambahan di sini dapat diperoleh dengan membayar biaya tahunan yang lebih tinggi dan kadang tingkat bunga yang lebih tinggi pula.

Jika kamu memiliki pendapatan yang tinggi, pengusaha, dan juga sering melakukan perjalanan terutama dengan pesawat, maka kartu kredit jenis gold atau platinum akan cocok bagi kamu. Jika tidak, maka sebaiknya kamu memilih kartu kredit jenis classic, sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kartu kredit memiliki banyak manfaat, tetapi jika tidak hati-hati, kamu bisa terjebak dengan hutang dan cicilan. Untuk itu, manfaatkan kartu kredit dengan bijaksana ya Billpayer!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *