Jenis Kartu Kredit Visa dan Mastercard yang Mesti Kamu Ketahui!

kartu kredit visa

Pernahkah kamu mendengar tentang kartu kredit Visa dan Mastercard? Kartu kredit dengan provider Visa dan Mastercard adalah yang paling banyak digunakan di Indonesia. Tidak ada perbedaan yang cukup signifikan dari kedua provider. Namun, ada beberapa jenis Visa dan Mastercard yang ada dan dikeluarkan. Bagi kamu yang ingin memiliki kartu kredit namun bingung dengan jenis-jenisnya.

Berikut Billie berikan informasi mengenai jenis-jenis kartu kredit Visa dan Mastercard yang perlu kamu ketahui:

Visa

Visa Classic

Kartu kredit yang satu ini merupakan kartu kredit dengan batas (limit) yang paling rendah, baik untuk belanja dan fiturnya. Umumnya batas transasksi maksimal hingga Rp5 juta, tidak berbeda jauh dengan batas transaksi yang dikeluarkan oleh bank nasional.

Visa Gold

Jenis kartu kredit yang satu ini lebih eksklusif dibanding Visa Classic karena ditambah dengan beberapa fitur diskon beberapa merchant dan batas kredit yang lebih tinggi. Kartu ini dimiliki orang yang berpenghasilan sekitar Rp5 juta hingga Rp25 juta per bulan. Batas kredit paling tinggi mencapai hingga Rp100 juta, tergantung kebijakan bank.

Visa Platinum

Jenis kartu yang satu ini banyak digunakan oleh para pebisnis untuk ajang gengsi. Untuk memiliki kartu ini, pengguna harus memiliki pendapatan sekitar Rp25 juta ke atas per bulannya, atau minimal Rp28 juta. Sedangkan batas kredit mulai dari Rp75 juta hingga unlimited.

Baca juga: Ini Dia Jenis-jenis Kartu Kredit dan Kelebihannya Buat Kamu!

Visa Signature

Kartu kredit yang satu ini sangat eksklusif dan hanya dimiliki beberapa profesi saja seperti pengusaha, pengacara papan atas, dokter terkemuka, dan akuntan profesional yang terkenal. Itu pun masih dilihat lebih lagi penghasilannya. Batas maksimal mulai dari Rp100 juta hingga unlimited. Ada beberapa fasilitas tambahan seperti airport lounge hingga ke travel assist dan golf membership.

Kartu Kredit Visa Infinite

Visa Infinite tidak ditawarkan untuk umum. Kartu eksklusif ini dimiliki oleh sebagian orang yang memiliki aset di atas US$100 ribu dalam bentuk cash. Batas kredit mulai dari Rp50 juta hingga unlimited, namun umumnya hingga Rp250 juta, tergantung dari banyaknya simpanan uang Anda. Semakin banyak uang simpanan Anda, maka semakin besar batas kredit. Beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh kartu kredit ini meliputi travel assist, asuransi perjalanan, booking jet pribadi, hingga special priority pass.

Mastercard

Mastercard Classic

Kartu jenis ini tidak berbeda jauh dengan yang dikeluarkan oleh Visa. Mastercard Classic mendapat batas kredit hingga Rp5 juta. Sedangkan pemiliknya harus berpenghasilan minimal UMR hingga Rp50 juta per tahun.

Mastercard Gold

Kartu kredit ini berada di atas jenis Classic. Tidak berbeda jauh dengan Visa, Mastercard Gold memiliki batas kredit hingga Rp100 juta. Sedangkan standar penghasilan minimalnya juga tidak terlalu jauh berbeda dengan Classic. Namun untuk iuran bulanannya lebih tinggi.

Mastercard Platinum

Kartu kredit platinum milik mastercard biasanya menawarkan fitur yang lebih banyak. Batas kreditnya minimalnya tidak terlalu dengan Visa Platinum, mulai dari Rp75 juta hingga unlimited, menyesuaikan pengguna.

Baca juga : Cara Unik untuk Hemat Pengeluaran

Mastercard World

Mastercard World hampir serupa dengan Visa Infinite. Namun setiap tahunnya minimal penggunaan harus sebesar Rp75 juta. Jika pengguna melakukan transaksi kredit minimal di bawah Rp75 juta, maka pengguna akan dikenakan iuran tahunan atau bulanan yang akan disesuaikan oleh masing-masing bank. Jumlah iurannya cukup besar.

Nah, sebelum membuat kartu kredit, ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis kartu dan keuntungannya. Sehingga kamu bisa menyesuaikan kartu kredit tersebut dengan kebutuhan dan keperluanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *