Gajian? Jangan Belanja Dulu, Ini Pengeluaran yang Harus Diperioritaskan!

gajian

Gajian bisa menjadi hari yang paling menyenangkan bagi pekerja. Bagaimana tidak, setelah 1 bulan bekerja, kamu bisa menerima hasil jerih payahmu dan menggunakannya untuk keperluan kamu. Eh tapi jangan terlena dulu, jangan sampai kamu gelap mata dan malah belanja habis habisan ya setelah gajian. Kamu harus cermat dalam memilih pengeluaran apa saja yang harus di prioritaskan setelah gajian.

Untuk itu, Billie ingin membantu kamu dalam memprioritaskan pengeluaran saat gajian. Berikut adalah pengeluaran yang harus di prioritaskan setelah gajian menurut Billie:

Kebutuhan Bulanan

Saat gajian, sisihkan terlebih dahulu uang untuk kebutuhan bulanan. Kalau kamu sudah keburu menghabiskan uangnya untuk belanja, mau makan apa akhir bulan? Untuk itu, sebisa mungkin pisahkan uang untuk kebutuhan hidup dalam sebulan seperti keperluan makan, produk rumah tangga jika kamu sudah berumah tangga, dan kebutuhan anak jika sudah memilikinya. Kamu bisa memisahkannya di amplop terpisah atau rekening yang berbeda.

Baca juga: Mau Kelola Gaji dengan Lebih Baik? Lakukan 6 Cara ini!

Gajian Jangan Lupa Bayar Hutang

Setelah memisahkan pengeluaran rutin bulanan, kamu bisa menggunakan gaji untuk membayar hutang. Ingat, hutang jangan dibuat menumpuk. Apalagi hutang atau cicilan di kartu kredit, kamu bisa terkena beban bunga yang menumpuk. Untuk itu, ingatlah untuk membayar hutang atau cicilan setiap kali mendapatkan gaji, baru gunakan uang yang tersisa untuk keperluan lainnya.

Tabungan

Yang ini tidak kalah penting, yaitu menabung. Semua orang tau bahwa kita perlu menabung untuk persiapan masa depan. Jadikanlah tabungan sebagai pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan tiap bulan. Dengan menanamkan mindset seperti ini, kamu akan terdorong untuk lebih sering menabung. Usahakan kamu menabung sebanyak 30% dari total pemasukan rata-rata kamu tiap bulan. Mindset ini sangat bermanfaat di masa depan dan akan memudahkan kamu jika ingin mengajukan kredit.

Nah itu dia yang harus kamu prioritaskan setelah menerima gaji. Setelah itu, kamu baru deh bisa belanja sesuai dengan keinginan kamu, apabila 3 hal ini sudah terpenuhi. Jangan boros-boros ya Billpayer.

0 Replies to “Gajian? Jangan Belanja Dulu, Ini Pengeluaran yang Harus Diperioritaskan!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *