Ini Manfaat Kalau Kamu Bisa Kelola Keuangan dengan Baik

uang tunai vs non tunai

Semakin hari kebutuhan terus bertambah, harga barang-barang semakin naik. Belum lagi bagi yang sudah berumah tangga, harus memikirkan biaya sekolah anak yang semakin hari semakin mahal. Hal ini tentunya membuat kita berkerja lebih keras dan giat lagi untuk mendapatkan penghasilan lebih. Padahal salah satu kunci pengeluaran sehat bukan hanya di pendapatan, tetapi juga cara kelola keuangan yang baik.

Keberadaan uang memang sangat penting, uang bisa menjadi motivasi bagi setiap orang. Uang bisa menentukan tingkat kesejahteraan masing-masing orang. Seringkali uang yang di dapat selalu saja terkesan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Padahal uang yang tidak cukup bukan hanya karena pendapatan tidak cukup, tetapi keinginan yang selalu dimiliki.

Oleh karena itu, kita memerlukan cara kelola keuangan yang baik. Jika kamu masih belum sadar manfaat pengelolaan keuangan, berikut Billie berikan 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan:

Rencana Masa Depan

Jika kamu sudah bisa kelola keuangan dengan baik, bisa dipastikan kamu memiliki perencanaan masa depan yang lebih baik. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, kamu bisa terbebas dari hutang dan memiliki hidup yang lebih ringan dan mudah. Nah karena itu, kamu bisa merencanakan masa depanmu dengan lebih baik juga. Kelola keuangan tidak hanya berdampak di hari sekarang, tetapi juga berdampak untuk masa depan dikemudian hari.

Pola Hidup Hemat

kelola keuangan

Terkadang, pengeluaran yang berlebihan tidak terjadi karena kebutuhan yang banyak, tetapi hanya keinginan dan keborosan yang berlebih saja. Untuk itu kelola keuangan yang baik akan mengajarkan kamu untuk hidup dengan pola yang lebih hemat. Hidup yang lebih hemat bukanlah hidup yang pas-pasan bahkan serba kekurangan. Hidup hemat adalah hidup dengan berkecukupan, bahkan bisa mewujudkan apa yang diinginkan namun tidak boros dan membuang-buang uang.

Atur keuangan kamu setiap bulannya, dengan mendahulukan kewajiban, kebutuhan serta menghilangkan atau meniadakan utang yang bisa menimbulkan masalah dalam keuangan kamu. Hemat juga dapat mengontrol pengeluaran kamu yang mungkin sering berlebihan.

Tertib dan Teratur

Selain pola hidup hemat, pengelolaan keuangan yang baik juga bisa mengajarkan kamu untuk hidup lebih tertib dan teratur. Segala hal yang kamu inginkan, termasuk kebutuhan kamu sendiri dan keluarga akan dapat terencana dengan detail. Rencana masa depan  juga lebih dapat diatur dan dikelola dengan baik.

Bahkan jika kamu bisa hidup dengan tertib dan teratur, tidak hanya kebutuhan pokok yang bisa tercukupkan, kegiatan berlibur dan refreshing juga bisa kamu wujudkan. Dengan begitu, kehidupan juga bisa lebih seimbang dan bermanfaat bukan?

Baca juga : Mau Kelola Gaji dengan Lebih Baik? Lakukan 6 Cara ini!

Perlindungan dari Kejadian Tak Terduga

Ketika kamu memiliki pengelolaan keuangan yang baik, kamu bisa menyimpan uang untuk hal-hal tidak terduga. Hidup tentunya penuh dengan ketidakpastian dan kejadian tidak terduga, kita tidak bisa menghindari kejadian tidak terduga, seperti kecelakaan, sakit penyakit, dan kerugian lainnya. Untuk itu, kamu perlu simpanan uang untuk kejadian tidak terduga tersebut.

Dengan mengelola keuangan secara teratur, kamu bisa melindungi diri dan keuangan dari kejadian tidak terduga. Kamu juga bisa menyisakan uang untuk asuransi untuk kejadian tidak terduga. Keuangan yang teratur pastinya akan memiliki pos khusus untuk masalah ini.

Kurangi Stress dengan Kelola Keuangan

Dengan keuangan yang dikelola dengan baik, kamu juga bisa mengurangi stress. Stress adalah masalah kesehatan yang bisa membahayakan kamu. Jika kamu sudah terlalu stress, penyakit tentu akan lebih mudah untuk timbul dan berdatangan. Oleh karena itu, mulailah kelola keuangan untuk memperoleh manfaat jauh dari stress.

Hindari hal-hal yang dapat memicu stress, seperti hutang atau cicilan yang besar, pinjaman yang belum lunas karena bunga semakin tinggi dan sebagainya. Hal ini dapat membuat kamu semakin stress dan terganggu untuk mengerjakan hal yang lainnya. Buatlah pikiran kamu lebih ringan dengan banyak menabung dan investasi, setelah itu kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk liburan atau hiburan kan.

Nah ini dia 5 manfaat kelola keuangan dengan baik versi Billie, kalau kamu merasakan manfaat lain yang bisa dibagikan, langsung saja tulis di kolom komentar!

Selain  artikel mengenai manfaat kelola keuangan, ada juga beberapa informasi dan tips mengenai keuangan yang tidak kalah penting, seperti:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *