Konsultan Keuangan? 3 Hal ini Tanda Kamu Memerlukannya

konsultan keuangan

Keuangan merupakan hal yang sangat rumit bagi setiap individu. Karena keuangan menentukan bagaimana kita hidup dan ukuran kesejahteraan hidup seseorang. Beberapa orang bahkan menggunakan konsultan keuangan pribadi agar dapat mengelola keuangan dengan lebih baik. Hal itu karena tanpa keuangan yang stabil dan baik, kualitas hidup seseorang juga dapat dinilai kurang baik.

Sebagian besar orang gagal mengatur keuangan mereka. Hal ini mungkin disebabkan karena kurangnya pengetahuan mengenai cara kelola keuangan. Atau bahkan kurangnya kesadaran bahwa diri mereka membutuhkan informasi lebih mengenai pengelolaan keuangan.

Itulah alasan hadirnya pekerjaan sebagai konsultan keuangan untuk membantu kelola keuangan. 3 hal dibawah ini menunjukkan bahwa kamu membutuhkan konsultan keuangan.

Besar Pasak daripada Tiang

konsultan keuangan

Semua orang tahu maksud besar pasak daripada tiang disini adalah pengeluaran yang lebih besar daripada pendapatan. Banyak orang yang menghitung pengeluaran hanya berdasarkan biaya kebutuhan sehari-hari. Padahal cicilan dan hutang juga harus masuk ke dalam biaya pengeluaran bulanan yang diperhitungkan.

Selain itu, coba tengok apakah terdapat pembengkak pada pengeluaran atau hutang. Pembengkakan tersebut menunjukkan kondisi keuangan yang tidak sehat. Kondisi keuangan yang sehat pasti menunjukkan keseimbangan antara pengeluaran, pendapatan, hutang, dan investasi.

Cobalah untuk melihat orang lain yang memiliki tingkat gaji yang sama. Jika mereka masih dapat melakukan investasi dan kamu tidak, maka kamu memiliki pengaturan keuangan yang buruk. Kamu mungkin memiliki kebiasaan dan gaya hidup yang tidak baik. Hal ini merupakan salah satu ciri bahwa kamu membutuhkan konsultan keuangan pribadi.

Kurang Menabung dan Berinvestasi

Selain besar pasak daripada tiang, salah satu tanda kondisi keuangan yang tidak baik adalah kurangnya menabung dan berinvestasi. Mungkin kamu menabung di bank, tetapi apakah tabungan tersebut sudah cukup untuk keadaaan yang sangat darurat ? Atau apakah dana tersebut cukup untuk pembiayaan masa pensiun ? Jika jawabannya tidak, kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan jasa konsultan keuangan.

Investasi juga sangat dibutuhkan selain tabungan. Investasi bisa menaikkan taraf hidup seseorang dan meningkatkan kesejahteraan seseorang. Banyak orang yang tidak melakukan investasi karena kurangnya informasi mengenai cara berinvestasi. Konsultan keuangan dapat membantu kamu untuk melakukan investasi yang tepat. Mereka dapat menghitung tingkat risiko untuk masing-masing orang sehingga dapat membantu memberikan pilihan investasi.

Perubahan Besar dalam Hidup

konsultan keuangan

Maksud perubahan besar dalam hidup disini adalah perubahan secara personal maupun karier. Contohnya jika kamu mempunyai lini bisnis baru yang membutuhan sumber modal. Kamu membutuhkan konsultan keuangan untuk mengatasi pengelolaan keuangan tersebut. Lini bisnis baru memungkinkan kamu melakukan pembelian besar seperti untuk kantor dan peralatannya. Mereka dapat membantu kamu dalam hal ini.

Perubahan pada kehidupan pribadi juga dapat menjadi alasan kamu memerlukan konsultan keuangan. Karena terkadang kondisi finansial seseorang bisa berubah-ubah, misalnya karena berpindah pekerjaan atau perusahaan. Hal ini memerlukan konsultan keuangan untuk merencanakan semua itu dengan stabil.

Bagaimana mendapatkan konsultan keuangan?

Konsultan keuangan selain membantu pengelolaan keuangan, juga dapat membuat pengeluaran kamu lebih efektif dan efisien. Selain konsultan keuangan untuk membantu kamu mengelola keuangan, ada cara lain untuk membantu kelola keuangan dengan tepat. Cara lain tersebut adalah aplikasi atau tools pengelola keuangan yang bisa kamu gunakan. Asalkan dilakukan dengan disiplin dan teratur, kamu pasti bisa menjadi konsultan keuangan untuk dirimu sendiri dan bahkan keluargamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *