Mengelola Tagihan dan Pengeluaran adalah Kunci Keuangan Sehat

mengelola tagihan kunci keuangan sehat

Kebanyakan orang seringkali melupakan pengeluaran, apalagi pembayaran sehari-hari yang jumlahnya tidak besar. Mereka lebih sibuk untuk mengejar dan mengontrol gaji dan pendapatan. Padahal setiap perencana keuangan pribadi atau ahli keuangan selalu menganjurkan untuk mengontrol dan mengelola tagihan dan pengeluaran.

Banyak kasus yang sudah sering terjadi akibat kurangnya kesadaran untuk mengontrol dan mengelola tagihan dan pengeluaran. Seperti kesulitan saat ada biaya besar yang mendadak. Biaya-biaya tersebut biasanya berupa uang masuk sekolah, biaya renovasi rumah.  Atau biaya kecelakaan atau masuk rumah sakit, biaya membetulkan kendaraan, dan biaya-biaya dadakan lainnya.

Yang terjadi adalah bukan kurangnya pendapatan, tetapi hanya fokus untuk meningkatkan pendapatan atau gaji yang tinggi, dan lupa untuk mengontrol dan mengelola tagihan dan pengeluaran.

Ketahui Pengeluaran

Untuk mengetahui pengeluaran setiap bulannya, kita harus mengetahui dulu berapa total pengeluaran setiap bulannya. Bagaimana mungkin dapat mengelola atau memperbaiki lajur pengeluaran jika jumlah pengeluaran dan tagihan bulanan saja kita tidak tahu. 

Pencatatan Teratur

Jika kita sudah mengetahui total pengeluaran dan tagihan per bulannya, kita dapat mulai merincikan. Komponen-komponen apa saja yang menyebabkan munculnya jumlah pengeluaran dan tagihan tersebut. Jika masih belum menemukan komponennya, mulai catat semua pengeluaran tanpa terkecuali dalam satu bulan. Lakukan hal ini secara teratur selama 3 hingga 6 bulan agar kita mendapatkan pola pengeluaran yang stabil.

Pencatatan secara teratur ini tentunya banyak manfaatnya, tidak hanya dapat melihat angka dan pola pengeluaran, tetapi kita dapat mengetahui apakah ada bulan-bulan dimana pengeluaran kita lebih kecil atau lebih besar. Kita juga bisa mengetahui selisih antara pengeluaran dan pendapatan.

Kedua, kita juga dapat mengetahui kegiatan atau life-style mana yang paling boros dan tidak penting untuk mendapatkan alokasi dana sedemikian rupa. Kita akan mengetahui komponen mana yang dapat kita kurangi alokasi dananya secara signifikan.

Ketiga, kita dapat mengetahui bahwa ternyata ada beberapa pengeluaran yang kelihatannya kecil, seperti jajan di toko kelontong, ngopi di cafe, taksi, namun berjumlah besar jika diakumulasikan dalam satu bulan.

Keempat, kita dapat memahami gaya hidup kita sendiri, karena pengeluaran merupakan refleksi dari gaya hidup. Pengeluaran kita mencerminkan bagaimana kita menghabiskan uang. Yang mana berarti untuk mengubah pola pengeluaran, kita juga harus mengubah gaya hidup kita.

Setelah tahu dengan rinci soal tagihan dan pengeluaran, pengelolaan menjadi lebih mudah. Semuanya sudah dapat dihitung. Tinggal pilihan dan melakukannya dengan disiplin. Mencatat pengeluaran barulah langkah awal, langkah yang lebih sulit adalah ketika kita harus mengubah gaya hidup kita untuk dapat mengurangi pengeluaran. Gaya hidup seringkali menyentuh gengsi dan, lebih dalam lagi, harga diri, sehingga tidak mudah dirubah dalam sekejap.

Ingat baik-baik saja saran dan pepatah dari ahli keuangan, dimana percuma mempunyai pendapatan besar, apabila pengeluaran tidak bisa dikendalikan, yang menyebabkan hidup menjadi tidak sejahtera dimasa tua.

0 Replies to “Mengelola Tagihan dan Pengeluaran adalah Kunci Keuangan Sehat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *