Kartu Kredit, Alat Pembayaran dengan Beragam Keuntungannya!

keuntungan memiliki kartu kredit

Banyak orang yang berpikir bahwa memiliki kartu kredit hanya menambah permasalahan keuangan. Ada juga yang berpikir bahwa kartu kredit membuat repot ketika ingin membayar tagihan bulanan. Padahal jika ditelusuri, ada banyak keuntungan memiliki alat pembayaran tersebut lho. Mulai dari kepraktisan sampai fungsinya yang bisa digunakan di luar negeri.

Berikut Billie merangkum 7 keuntungan memiliki kartu kredit:

Praktis, Fleksibel, dan Nyaman

Memiliki kartu kredit membuat kamu lebih praktis dan mudah dalam melakukan pembayaran. Kamu tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak di tas atau dompet, yang lebih beresiko akan kehilangan. Kamu pun tidak perlu repot-repot mencari mesin ATM untuk menarik tunai jika ingin melakukan transaksi pembayaran. Selain menghemat waktu dan tenaga, kamu akan mendapatkan pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan nyaman.

Saat kamu tidak memegang uang atau sedang tidak ada uang, namun membutuhkan barang atau jasa tersebut, kamu dapat menggunakan kartu kredit. Saat ini, hampir semua toko dan pusat perbelanjaan memiliki mesin kartu kredit untuk bertransaksi. Selain itu, sebagian besar transaksi tidak membutuhkan minimal pembelian seperti pada saat kamu melakukan transaksi dengan debit.

Tidak hanya itu, kartu ini juga menawarkan fasilitas pembayaran tagihan sehari-hari. Pembayaran telepon, air, listrik, dan tv kabel bisa menggunakan kartu ini. Dengan fasilitas ini, kamu akan terhindar dari kelupaan atau keterlambatan membayarkan transaksi tersebut. Informasinya akan diberikan secara bersamaan dengan tagihan setiap bulannya.

Beragam Promosi

Selain itu, kamu akan menerima berbagai tawaran menarik atau promosi dari merek-merek yang ada dipasaran. Perusahaan atau bank penerbit sering menawarkan berbagai program yang tersedia untuk berbagai keperluan seperti cashback, diskon, dan cicilan 0%. Tidak hanya untuk pembelian barang, pemesanan tiket seperti tiket pesawat terbang, tiket kereta, dan pemesanan hotel juga sering terkena promosi kartu kredit.

Perusahaan penerbit bekerja sama dengan toko dan pusat perbelanjaan untuk memberikan promo khusus atau diskon dalam waktu tertentu. Ada juga perusahaan yang menawarkan bunga rendah untuk mencicil rumah atau mobil.

Kartu kredit memberikan lebih banyak fleksibilitas pada pemegangnya dalam melakukan pembelanjaan. Kamu dapat memanfaatkan program yang tersedia untuk hidup yang lebih hemat. Tentunya terlebih dahulu memperhitungkan kemampuan kamu dalam membayarkan tagihannya di kemudian hari.

Baca juga: Tagihan Bulanan Merepotkan? Simak Dulu Tips Berikut Ini?

Aman dan Ada Perlindungan Saat Membeli Barang

Jika kamu takut memiliki kartu kredit karena kemungkinan pencurian dan sebagainya, kamu tidak perlu mengkhawatirkan itu sekarang. Saat ini, kartu ini dilengkapi dengan sistem pin yang akan mengurangi resiko pencurian saat kartu berpindah tangan. Selain itu, customer service yang siap siaga selama 24 jam memungkinkan pemblokiran kartu kredit yang cepat.

Sebagian besar perusahaan atau bank penerbit akan membantu kamu jika terjadi masalah atau perselisihan ketika membeli suatu produk. Misalnya, apabila pihak penjual tidak bersedia mengambil kembali produk yang cacat atau tidak memuaskan. Kamu dapat menghubungi penerbit kartu kredit untuk meminta bantuan. Bahkan, ada yang menawarkan garansi atau asuransi tambahan untuk barang-barang tertentu yang dibeli bahkan melebihi masa garansi yang diberikan penjual.

Kartu Kredit Untuk Keadaan Darurat

Keuntungan lainnya memiliki kartu kredit yaitu adalah penggunaannya dalam keadaan darurat. Meskipun semua orang pasti tidak menginginkan keadaan darurat, kita harus tetap mengantisipasi keadaan tersebut bukan? Kartu kredit dengan limitnya yang besar dapat membantu kita dikeadaan darurat seperti sakit, kecelakaan, dan keadaan lainnya yang tidak diinginkan, ketika kita tidak mempunyai banyak uang simpanan.

Agar kartu kredit kamu siap dalam keadaan darurat tersebut, kamu harus memperhitungkan limit kartu kredit kamu. Pastikan limit kartu kredit kamu selalu mencukupi untuk keadaan darurat. Selain itu jangan pernah menghabiskan limit kartu kredit kamu agar selalu siap untuk keadaan darurat.

Mengatur dan Melacak Pengeluaran

Kartu kredit dapat membantu kamu mengatur dan melacak pengeluaran, bagaimana caranya? Kartu kredit menawarkan cara pembayaran tagihan secara penuh atau dengan cara mencicil. Tentunya ini akan memudahkan kamu dalam merencanakan anggaran keuangan. Terutama jika kamu bermaksud melakukan pembelian dalam jumlah besar, yang cara pembayarannya dapat kamu atur sesuai dengan rencana anggaran dan kemampuan.

Selain itu ketika menggunakannya, kamu akan selalu mendapatkan catatan transaksi. Lembar tagihan tersebut berisi semua transaksi yang kamu lakukan dengan menggunakan kartu kredit tersebut setiap bulannya. Dengan demikian, pengeluaran setiap bulan akan tercatat dengan rapi dalam lembar tagihan yang secara rutin kamu terima.

Kemudahan Transaksi Online

Saat ini, berbelanja secara online mulai menjadi kebiasaan banyak orang. Berbelanja online menjadi alternatif bagi mereka yang tidak mempunyai waktu untuk pergi ke mall atau pusat perbelanjaan. Ditambah produk yang semakin lengkap dan tersedia secara online. Semakin banyak orang yang melakukan belanja online untuk hidup yang lebih efisien dan efektif.

Hal ini bisa membuat proses belanja online mu semakin mudah lho, kamu tidak perlu melakukan transfer. Barang yang kamu pesan juga akan lebih cepat sampai. Toko tidak perlu menunggu kamu melakukan pembayaran dan mengkonfirmasinya. Kamu juga dapat menggunakan untuk pemesanan tiket transportasi seperti tiket pesawat dan kereta atau hotel untuk menginap. Proses pemesanan akan menjadi lebih cepat, karena kamu tidak perlu membuka internet untuk transfer secara online atau pergi ke ATM untuk melakukan transfer.

Ditambah lagi, hampir semua situs belanja online saat ini menerima kartu kredit sebagai alat pembayaran. Jangan lupa, cermati terlebih dahulu situs tempat kamu berbelanja online, pastikan itu merupakan toko online yang terpercaya, bereputasi baik, dan jelas keberadaannya.

Kartu Kredit Dapat Digunakan di Seluruh Dunia

Salah satu alasan orang dalam menggunakan kartu kredit adalah kegunaannya untuk bertransaksi dapat digunakan di seluruh dunia. Hal ini tentunya sangat penting bagi orang yang suka berpergian ke luar negeri. Membawa uang cash bisa menjadi sangat beresiko bagi sebagian orang, terutama pada orang yang sering lupa, uang tunai dalam jumlah besar mempunyai resiko hilang atau dicuri. Untuk itu, kartu kredit dapat menjadi alternatif sebagai alat transaksi di luar negeri. Kamu juga tidak perlu repot menukar mata uang negara tujuan dalam jumlah besar.

Pembayaran dengan kartu kredit diterima dan dapat digunakan di berbagai toko atau penjual di seluruh dunia, sehingga pengguna tidak akan kesulitan ketika menggunakannya untuk bertransaksi. Nah, kalau kamu hobi keliling dunia atau sering berpergian ke luar negeri, kartu kredit bisa menjadi benda penting yang sangat menguntungkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *